Tips Mengatasi SIM Card Tidak Terdeteksi di HP Android

AndroidSeru.com – Gadget Android sampai sekarang ini setidaknya memiliki dua jenis slot kartu SIM, yaitu mini SIM dan micro SIM. Pada beberapa smartphone Android dengan slot micro SIM, banyak pengguna yang mengalami pesan kesalahan seperti SIM Card error, kartu SIM salah, SIM card tidak terhubung, SIM card tidak dipasang, kartu SIM rusak, dan sebagainya.

Advertisement

Padahal kartu SIM sudah terpasang dengan posisi benar, dan jika dipasangkan ke HP lain dapat terdeteksi normal. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Artikel sebelumnya: Download Game Get Rich Mod APK

Inilah solusi SIM card tidak terdeteksi di HP Android:

Jenis SIM Card Operator Indonesia

Penyebab dan Solusi Tips Mengatasi SIM Card Tidak Terdeteksi di HP Android

1) Matikan HP Android , lepas SIM Card yang ada (baik SIM Card 1 atau SIM Card 2). Bersihkan kartu SIM dengan kain lembut, mungkin kotor, atau posisi SIM Card bergeser. Lalu masukkan kembali SIM Card kemudian hidupkkan, jika tidak berhasil ikuti solusi kedua.

2) Matikan kembali HP Android,  lalu buka kembali kartu SIM Card, kemudian pindahkan posisi penempatan SIM Card. SIM Card 1 dipindahkan ke SIM Card 2, dan SIM Card 2 dipindahkan ke Slot SIM Card 1. Tips ini hanya berlaku pada HP dengan fitur dual SIM. Jika tidak berhasil lakukan langkah ketiga.

3) Coba pancing dengan SIM card lain, bisa beli baru atau pakai dari HP lain. Jika berhasil, kini coba masukkan kembali SIM card aslinya. Jika cara ketiga ini tidak berhasil silakan lanjut dengan solusi keempat.

4) Cara ini memang harus dilakukan jika cara pertama dan kedua tidak bisa mengatasi masalah SIM Card tak terdeteksi di  Anda. Cara keempat ini adalah cara mengembalikan ke settingan pabrik, agar kembali normal seperti waktu saat membeli. Lepaskan kartu SIM disaat mengembalikan  ke settingan pabrik, dan back up data terlebih dahulu melalui kabel data ke komputer, terutama nomor kontak dan pasword yang harus Anda ingat, lalu lakukan reset pabrik, setelah reset pabrik dilakukan, maka masukkan kartu SIM Card kedua-duanya. Nyalakan kembali. Semoga solusi keempat ini berhasil. Jika tidak berhasil ikuti solusi nomor 5.

5) Cara ini sudah masuk kedalam teknis sistem atau perangkat dalam HP Android  itu sendiri, jika cara dari “Luar” tidak mampu mengatasinya, lakukanlah pengecekan ke Service center, syukur-syukur masih ada garansi, agar HP Android  Anda di cek masalah teknis dalamnya apakah ada yang salah pada slot SIM Card.

Advertisement